SIAP DAN SABARLAH MENYAKSIKAN & MENGHIDUPI FIRMAN TUHAN

RENUNGAN, SELASA 2 PEBRUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 484 : 2, 4  ”O TUHAN AU MA DONGANMI”

Sai naeng arahononku do sude, na lilu, asa ro/ Tu Ho, o Jesus Tuhanki, asa martua dohot i.

Paboanku holongMi tu sasude na holom i/ Sai lam tiur ma roha nii dibaen asi ni rohaMi.

2.   AYAT HARIAN – 2 TIMOTIUS 4 : 2

Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

3.   RENUNGAN:

SIAP DAN SABARLAH MENYAKSIKAN & MENGHIDUPI FIRMAN TUHAN

Dalam sebuah kebaktian, pengkhotbah yang dirosterkan atau direncanakan memberitakan Firman berhalangan hadir. Untuk melanjutkan ibadah, maka dari yang hadir dalam kebaktian diminta kesediaannya untuk memberitakan Firman Tuhan. Beberapa orang yang ditunjuk ternyata menolak. Ada yang mengatakan: ”Ndang na mura-mura patolhashon Hata ni Debata”. Ada juga yang mengatakan: “Seandainya diberitahu sebelumnya, saya akan mempersiapkan diri”. Yang lain mengatakan: “Ahu pe ndang adong pangaradeonku”.  Tidak hanya dalam kebaktian, dalam kehidupan sehari-haripun tidak sedikit umat Tuhan yang berusaha menolak mempersaksikan atau menghidupi kebenaran Firman Tuhan dengan berbagai alasan. Firman hari ini yang adalah bahagian penggembalaan Rasul Paulus kepada Timotius, juga mengingatkan kita. Menyaksikan dan menghidupi Firman Tuhan tidak bergantung kepada baik atau tidak baik waktunya. Setiap umat Tuhan harus senantiasa siaga untuk menyatakan kebenaran Firman Tuhan. Kapanpun dan dimanapun jika diperlukan, maka kebenaran Firman Tuhan harus diperdengarkan, dinyatakan dan dihidupi. Hal-hal yang tidak seturut dengan kehendak Tuhan harus segera dinyatakan dan ditegor; meskipun untuk itu telinga mereka (orang-orang yang kita kasihi) menjadi panas. Jangan mundur apalagi berhenti. Sebab, tegoran, nasihat dan pengajaran itu harus senantiasa diselimuti roh kesabaran. Jika tegoran, nasihat dan pengajaran itu belum membuahkan hasil yang diharapkan, jangan menyerah apalagi berputus asa. Bersabarlah di dalam Tuhan. Saksikan dan hidupi terus Firman Tuhan. Sebab, jika tidak demikian, mereka (orang-orang yang kita kasihi) akan terjebak dalam “pengajaran-pengajaran” yang hanya memuaskan telinga dan bermuara kepada kematian. Lagipula, hanya umat yang setia menyaksikan dan menghidupi Firman Tuhan  yang dapat berharap menikmati kemenangan dan memperoleh mahkota kebenaran. Amin. [LIM]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 426 : 4  “KITA HARUS MEMBAWA BERITA”

Kita harus bersaksi di dunia tentang kuasa darah kudus./ Semoga yang masih sangsi terima Sang Penebus, terima Sang Penebus./ Kar’na g’lap jadi remang pagi, dan remang jadi siang t’rang/ Kuasa Kristus ‘kan nyatalah, rahmani dan cemerlang.

6.   DOA BAPA KAMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s