PENGAJARAN FIRMAN TUHAN

RENUNGAN, JUMAT 29 JANUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 356 : 1 “NA MALUNGUN DO ROHANGKU”

Na malungun do rohangku tu Ho, o Debatangki/ Ho do na hinaposanku jala haporusanki/ Sasude na ro tu Ho ndang tarurak bahenonMu/ Nasa na manoisi Ho i do na pailaonMu.

2.   AYAT HARIAN – 1 YOHANES 2 : 27

Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu — dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta — dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

3.   RENUNGAN:

PENGAJARAN FIRMAN TUHAN

Pengajaran akan firman Tuhan adalah pengajaran yang paling mendasar dan penting dalam kehidupan kita. Karena melalui pengajaran akan Firman, Tuhan kita diajar dan diajak untuk mengenal kasih karunia Tuhan, yang senantiasa menyertai hidup kita. Pengenalan akan kasih karunia Tuhan itulah menjadikan kita menjadi orang yang kaya dalam kemiskinaNya bnd 2 Korint 8:9. Bagaimanakah kita mengenal kasih karunia Tuhan? Yang pasti dengan membaca Firman Tuhan. Dalam nats renungan kita ini dijelaskan bahwa untuk mengenal kasih karunia Tuhan dalam Firman Tuhan adalah melalui “pengurapan”. Pengurapan yang kita terima adalah melalui kuasa Roh Kudus. Sebab orang yang percaya sudah dibaptis dan menerima Anugrah Roh Kudus yaitu pengurapan. Dan hanya melalui kuasa Roh Kudus saja kita mengenal Tuhan seperti yang dikatakan dalam Yoh 16 :13-14 “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku”. dengan demikian hanya Roh Kudus saja yang memampukan kita mengaku dan mengenal Yesus sebagai Tuhan bnd 1 Kor 12:3. Sebab untuk mengetahui dan mempelajari kasih karunia Tuhan yang begitu besar dan untuk mengelanalan Kristus itu bukanlah pekerjaan manusia tetapi pekerjaan Roh Kudus yang diam di dalam kita, oleh karena itulah hendaknya kamu tinggal di dalam Dia dan setiap pengajaran Firman Tuhan selalu mendorong kita untuk berbuat yang benar dan menjauhi dusta. Dan yang terpenting dalam pengajaran firman Tuhan bukan hanya mengetahui dan memahami saja, tetapi bagaimana iman kita bertumbuh dan terlihat dalam kehidupan atau tindakan kita sendiri. Amin. [BDS]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 184 : 1  “YESUS SAYANG PADAKU”

Yesus sayang padaku Alkitab mengajarku/ Waktu ku kecil lemah, aku ini milikNya/ Yesus Tuhanku sayang padaku itu FirmanNya di dalan Alkitab.

6.            DOA BAPA KAMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s