CARILAH KEBENARAN INJIL DALAM FIRMAN TUHAN

RENUNGAN, KAMIS 28 JANUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 232 : 5  ”JESUS URUPI”

Jesus Tuhanku sai Ho huhaposi, pataridahon tu au holongMi/ Pangidoanku tu Ho sai tangihon, basabasahon tu au ngoluMi/ Asa di Ho au di harajaonMu/ Lao patulushon, pasauthon hataMu.

2.   AYAT HARIAN – GALATIA 1 : 12

Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.

3.   RENUNGAN:

CARILAH KEBENARAN INJIL DALAM FIRMAN TUHAN

Paulus adalah seorang ahli Taurat, tapi ia tidak mengetahui bahwa Yesus adalah anak Allah, karena itu ia membenci pengikut Yesus. Perubahan kemudian terjadi setelah Paulus berjumpa dengan Yesus, dalam perjalanan ke Damsyik. Di sana ia berjumpa dengan Tuhan. Perjumpaannya itu membawanya pada pengetahuan bahwa Yesus yang dibencinya itu adalah anak Allah. Pengetahuan Paulus tentang Yesus yang adalah anak Allah, dan mati dikayu salib, semata-mata bergantung pada penyataan Allah, demikian juga dengan pengetahuan Paulus akan Injil yang secara mendalam, itu berasal dari Tuhan. Sebaliknya injil palsu bukan berasal dari Tuhan, tapi dari manusia. Injil buatan manusia sesungguhnya bukan Injil. Itulah pandangan Paulus tentang Injil yang diberitakannya menyikapi penyesatan yang terjadi di jemaat Galatia, yang menuduhnya menyebarkan Injil palsu buatan dirinya. Rasul Paulus dengan tegas berkata, “… Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia. Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus” (Gal.1:11-12).

Penyesatan senantiasa hadir dalam setiap jaman untuk menyesatkan banyak orang, seperti yang terjadi pada orang Kristen di kota Galatia. Bila demikian adanya, bagaimanakah agar kita tidak mudah disesatkan? Pertama, Alkitab adalah patokan ajaran yang benar. Sampai dengan hari ini dan seterusnya, Alkitab menjadi satu-satunya patokan ajaran yang benar. Kedua, orang Kristen harus membaca firman Tuhan setiap hari. Sikap berjaga-jaga terhadap ajaran sesat harus dilakukan dengan membaca firman Tuhan setiap hari dengan sungguh-sungguh. Mengenal kebenaran firman Tuhan akan menjauhkan kita dari ketersesatan. Amin. [HPB]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 178 : 2  “KAR’NA KASIHNYA PADAKU”

Dengan sabar dan hikmatNya Yesus pimpin hidupku/ Firman dan kebenaranNya itulah peganganku/ O, betapa mulia dan ajaib kuasaNya!/ Kasih Jurus’lamat dunia menebus manusia.

6.   DOA BAPA KAMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s