YESUS SANG PEMIMPIN

RENUNGAN, KAMIS 14 JANUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 105 : 3, 4  ”DEBATA DO MANGGOMGOMI”

Patuduhon ma di hami dalan hangoluan i/ Paimbaru rohanami sai padao ma dosa i/ Pargogoi ma hami be tu na denggan sasude.

Pabotohon ma tu hami na hinatindangkonMi/ Anak ni Debata hami. Na marhaojahan di/ Mudar ni usehon ni Anak ni Debata i.

2.   AYAT HARIAN – IBRANI 2 : 11

Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara.

3.   RENUNGAN:

YESUS SANG PEMIMPIN

Sapaan yang mau ditekankan oleh  judul di atas “Yesus sang pemimpin”, adalah sekaligus sebuah jaminan ketenteraman yang boleh didapatkan oleh orang-orang yang dipimpinNya. Dalam dunia PL kata “pemimpin” itu tidaklah sesederhana yang kita mengerti. Kata itu adalah terjemahan dari kata ‘arkhegos’ yang memiliki arti yang sangat dalam dan tidak sempit yakni: pendiri sebuah kota, marga, yang menciptakan suasana kedamaian. Seseorang yang bersedia mengorbankan apapun juga termasuk nyawanya untuk merintis sesuatu yang indah/baik yang kelak akan diikuti generasi selanjutnya. Atau dengan bahasa yang sederhana boleh kita katakan, kalau arkhegos itu adalah keselamatan/ kedamaian yang dirintis oleh seseorang yang cakap dan terampil yang diperuntukkan bagi orang lain. Itulah yang telah dilakukan oleh Yesus yang sepenuhnya menyerahkan kehidupanNya untuk keselamatan dunia ini, sehingga dalam pengorbananNya orang-orang yang percaya kepadaNya bahkan seluruh dunia ini beroleh kedamaian dan keselamatan. Dunia yang pernah jatuh oleh dosa sehingga dikuasai iblis, telah takhluk dalam darah Yesus yang suci, sehingga semua kuasa kejahatan dunia dikalahkan oleh kekudusanNya. Dalam pengorbananNya inilah manusia dimasukkan pada wilayah kekudusanNya, bukan karena kuasa yang dimiliki manusia tetapi adalah murni karya kasiNya yang menguduskan dan menyelamatkan manusia itu dari kesalahan dan kuasa dosa yang membuat kehidupannya dipisahkan sebagai umat Allah. Pengabdian Kristus untuk mati karena kita membuka jalan bagi pengudusan kita. Bersyukurlah . Amin. [BS]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 36 : 1  “DIHAPUSKAN DOSAKU”

Dihapuskan dosaku hanya oleh darah Yesus/ Aku pulih dan sembuh hanya oleh darah Yesus/ O, darah Tuhanku, sumber pembasuhku!/ Sucilah hidupku hanya oleh darah Yesus.

6.   DOA BAPA KAMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s