PENGAMPUNAN DARI TUHAN ADALAH SUKACITA KITA

RENUNGAN, JUMAT 15 JANUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 467 : 1, 4 “ASI NI ROHAM HUPUJI”

Asi ni rohaM hupuji ala Ho manobus au/ Di paias Ho rohangku, gabe soranganMu Au/ IngananMu rohanami TondiMi manggohi i/ Pangke dohot ngolunami gabe ulaulaMi.

Sai papulik rohanami gabe pangoloi di Ho/ Asa marsahala hami lao mangkatindangkon Ho/ IngananMu rohanami TondiMi manggohi i/ Pangke dohot ngolunami gabe ulaulaMi.

2.   AYAT HARIAN – YESAYA 57 : 19

Aku akan menciptakan puji-pujian. Damai, damai sejahtera bagi mereka yang jauh dan bagi mereka yang dekat — firman TUHAN — Aku akan menyembuhkan dia!

3. RENUNGAN:

PENGAMPUNAN DARI TUHAN ADALAH SUKACITA KITA

Untuk memperoleh penggenapan janji keselamatan, Allah menyampaikan syarat yang harus dipenuhi umat-Nya. Salah satu syarat utama adalah umat-Nya tidak mendua hati. “Jangan ada ilah lain di hadapan-Ku” merupakan hukum yang pertama dari Dasa Titah. Allah ingin mengingatkan kembali, bahwa menyembah berhala adalah dosa besar bahkan hal itu dianggap zinah karena tidak setia. Sebagai orang-orang yang telah memiliki ikatan perjanjian dengan Allah, umat harus tetap setia kepada-Nya. Tindakan tidak setia dan berpaling dari hadapan Allah, sering Israel lakukan. Namun, sekalipun akhir dari ketidaksetiaan itu adalah kehancuran, Allah tetap mengasihi umat-Nya. Bahkan, selain Allah berkenan menyembuhkan segala penyakitnya, Allah juga berkenan mengampuni kesalahan umat-Nya. Pengampunan itulah yang memberikan penghiburan luar biasa bagi manusia; sehingga suasana perkabungan pun diubah menjadi suasana penuh pujian dan ungkapan syukur, penuh damai sejahtera. Tuhan yang memberikan berkatNya agar dengan bibirnya manusia memuji dan mengagungkan Dia. Manusia memuji Dia karena damai sejahtera sejati dan sempurna. Bangsa-bangsa dari segala penjuru, yang jauh dan yang dekat, dipersatukan oleh damai sejahtera yang dari Allah. Dan saat ini, kita juga dipanggil untuk bersama-sama memelihara kesatuan itu, mau berdamai dan saling mendukung, juga satu dalam memuji Tuhan karena kasih setiaNya.

Saudara-saudara, perbuatan Tuhan telah nyata dalam kehidupan kita, maka adalah tugas kita masing-masing secara bersama-sama untuk menjaganya, melakukan kehendakNya. Ingatlah Firman Tuhan “Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku” (Matius 12:50). Patutlah kita renungkan, karena kita diperkenankan kembali berjalan bersama Dia di jalan lurus yang ditunjukkan-Nya kepada kita, bertindaklah setia kepadaNya. Amin. [THS]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 249: 2  “SERIKAT PERSAUDARAAN”

Serikatmu tetap teguh di atas Alasan/ Yaitu satu Tuhanmu, dan satulah iman/dan satu juga baptisan dan Bapa satulah/ Yang olehmu sekalian dipuji, disembah.

6.   DOA BAPA KAMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s