HIDUP YANG BERGUNA SEBAGAI BATU HIDUP

RENUNGAN, SENIN 11 JANUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 363 : 11 “HAMU SALUHUT HARAJAON”

Ianggo batu binolongkon ni angka pande bagas i/ Jahowa do na pajongjongkon baen batu na di suhi i/ Na pinatupa ni Jahowa do i na longang situtu/ Do roha ni na marnidasa, huhut marsomba be burju.

2.   AYAT HARIAN – 1 PETRUS 2 : 5

Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

3.   RENUNGAN:                HIDUP YANG BERGUNA SEBAGAI BATU HIDUP

Kristus adalah batu penjuru, batu yang hidup, batu yang dibuang oleh manusia karena dianggap tidak berguna. Tetapi Allah telah memilih-Nya sebagai batu yang berharga. Hidup Kristus adalah hidup yang berguna bagi manusia yaitu pola hidup yang ditujukan bukan untuk kepentingan diri sendiri melainkan untuk kepentingan orang lain. Untuk itu Kristus memilih dan memanggil kita menjadi batu-batu yang hidup yaitu hidup tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Dan inilah persembahan kita yang sesungguhnya sebagai persembahan yang hidup.

Saudara, hidup di dunia ini adalah hidup yang terbatas, terbatas waktu. “Masa hidup kami tujuh puluh tahun” (Mazmur 90:10). Apa yang bisa kita perbuat dalam waktu yang terbatas tersebut? Sederhananya adalah berbuat sesuatu kepada orang lain. Kita mungkin hanya orang kecil, orang biasa, orang yang tidak punya kuasa atau pangkat/ jabatan, tetapi Tuhan menginginkan kita menjadi batu-batu yang hidup bagi orang lain, bagi tetangga kita dan bagi masyarakat sekitar. Renungan kita, apakah kita mau dan siap dipakai oleh Allah sebagai tangan-Nya, kini dan disini? Berbuat sesuatu yang kecil dan yang berguna bagi orang lain sudah merupakan hidup yang berguna dan itulah batu yang hidup. Amin. [OT]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 424 : 2  “YESUS MENGINGINKAN DAKU”

Yesus menginginkan daku menolong orang lain/ Manis dan sopan selalu, ketika ‘ku bermain/ Bersinar, bersinar; itulah kehendak Yesus/ Bersinar, bersinar, aku bersinar  terus.

6.   DOA BAPA KAMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s