YESUS SANG MESIAS DAN DASAR GEREJA

RENUNGAN, JUMAT 8 JANUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 117 : 4 “JAHOWA DEBATANTA DO”

Ai hata ni Jahowa i ndang dapot ungkitonna/ Tuhanta manjagahon i ditungkol naposoNa/ Hosanta, arta pe, ugasan sasude dirampas musu i/ Antong mahua i? Hot do harajaonNa.

2.   AYAT HARIAN – MATIUS 16 : 18

Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

3.   RENUNGAN:

YESUS SANG MESIAS DAN DASAR GEREJA

Matius 16:13-20 mengisahkan bagaimana Tuhan Yesus bertanya kepada murid-muridNya tentang pendapat orang mengenai siapa diriNya. Hasilnya? Pengenalan orang-orang tentang Yesus keliru! Ada yang mengatakan Yesus adalah Yohanes Pembaptis, Elia, Yeremia atau salah seorang dari para nabi. Yesus lalu bertanya kepada murid-muridNya tentang pendapat mereka sendiri: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Atas pertanyaan ini Petrus, yang bertindak sebagai juru bicara mereka menjawab: “Engkau adalah Mesias!” Jawaban ini mendapat tanggapan dari Tuhan Yesus dengan perkataan, ”Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya”. Apa arti ucapan Yesus ini?

Ada penafsir yang memahami bahwa ucapan ini hendak mengatakan bahwa gereja akan didirikan di atas ‘petra’ (batu karang), maksudnya di atas pribadi Petrus. Namun sesunggguhnya, jika kita melihat teks asli serta konteksnya, maka akan kita temukan bahwa maksud sesungguhnya dari ucapan Yesus ini hendak menegaskan bahwa Tuhan Yesus akan mendirikan jemaatNya di atas pengakuan Petrus, bukan di atas pribadi Petrus. Gereja akan dibangun di atas pengakuan bahwa Yesus adalah Mesias! Hal ini juga ditegaskan dalam 1 Korintus 3:11, “Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus”. Dengan kata lain, gereja adalah kumpulan orang yang percaya dan mengaku bahwa Yesus adalah Mesias. Dan dimana ‘Tuhan Yesus diakui sebagai Sang Mesias, Anak Allah yang hidup’, di sana berdiri GerejaNya. Selama Gereja memelihara pengakuan ini, maka pintu-pintu gerbang penjara Hades, yaitu alam maut, tidak akan pernah akan memerangkapnya. Amin. [HPB]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 220 : 6  “YESUS KRISTUS MEMERINTAH”

Hanya Yesus Kristus saja yang menjadi dasar G’reja/ dan Kepala umatNya. Dibeli dengan darahNya/ dan dibaptis dengan RohNya, kita hidup s’lamanya!

6.  DOA BAPA KAMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s