TUHAN YESUS DASAR KESELAMATAN BAGI BANGSA-BANGSA

RENUNGAN, SELASA 5 JANUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 102 : 5 “O TONDI PARBADIA BONGOTI”

Ho batu mamak na togu, na tau ojahan situtu, paojak rohanami/ Tu hata hasintongan i, tung unang olo lilu be nang sada sian hami/ Lehon roha na tumogu, na umburju, manggoari Jesus Kristus Tuhannami.

2.   AYAT HARIAN

MATIUS 21 : 42 Kata Yesus kepada mereka: “Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita”.

3.   RENUNGAN:

TUHAN YESUS DASAR KESELAMATAN BAGI BANGSA-BANGSA

Meminta sesuatu dari orang lain yang bukan miliknya, kemudian ditolak adalah sesuatu yang biasa terjadi. Namun meminta sesuatu yang nyata-nyata adalah miliknya dan ditolak oleh orang yang mempergunakannya, hal itu adalah sesuatu yang tidak biasa. Mungkin itu dapat kita golongkan kepada tindakan perampasan dan penyangkalan. Ditolak oleh yang mengelola milikNya, inilah yang dialami oleh Allah di dalam diri Tuhan Yesus. Penolakan itu dialegorikan Tuhan Yesus dengan penggarap-penggarap kebun anggur. Beberapa kali para hambaNya yang diutus kepada umatNya ditolak dan dibunuh. Tidak berhenti sampai disitu, Sang Anak dari Pemilik kebun anggur itupun dibunuh oleh para penggarap tersebut. Sungguh keji dan biadab tindakan para penggarap itu.

Namun, penolakan dan penyangkalan yang diperbuat oleh para penggarap, dalam hal ini terwakili dalam diri imam-imam kepala dan orang Farisi (Matius 21 : 45); tidak akan membatalkan kemahakuasaan Allah. Tuhan Yesus yang ditolak akan menjadi dasar keselamatan bagi bangsa-bangsa. Hal itu sudah dinubuatkan oleh pemazmur (Mazmur 118 : 22 – 23) yang diingatkan kembali oleh Tuhan Yesus. Kasih setia Allah melampaui penolakan dan penyangkalan. Keselamatan yang dari Tuhan tak dapat dibatalkan oleh penolakan sekelompok orang. Tuhan tetap setia dengan janji keselamatanNya. Masalahnya sekarang bukan dari pihak Tuhan, tetapi dari pihak kita. Apakah keajaiban kasih setia Tuhan yang menyelamatkan akan diterima atau ditolak dan disangkal? Penting diingat bahwa siapapun yang menolak dan menyangkal, maka keselamatan itu akan dikaruniakan kepada orang lain (Matius 21 : 43). Selanjutnya, bagi orang-orang yang menolak Tuhan Yesus kehancuran dan kematian akan menimpa dirinya. Jadi, kalau mau selamat; terimalah Tuhan Yesus dan jadikan Dia penjuru bahkan penentu dalam hidupmu. Percayalah. Amin. [LIM]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 38 : 1  “T’LAH KUTEMUKAN DASAR KUAT”

T’lah kutemukan dasar kuat, tempat berpaut jangkarku/ Kekal, ya Bapa, Kau membuat PutraMu dasar yang teguh/ Biarpun dunia lenyap, pegangan hidupku tetap!

6.   DOA BAPA KAMI

Sumber: Renungan Harian Pelita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s