BATU PENJURU YANG TEGUH!

RENUNGAN, RABU 6 JANUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 102:5  “O TONDI PARBADIA BONGOTI”

Ho batu mamak na togu, na tau ojahan situtu, paojak rohanami/ Tu hata hasintongan i, tung unang olo lilu be nang sada sian hami/ Lehon roha na tumogu, na umburju manggoari Jesus Kristus Tuhannami.

2.   AYAT HARIAN

YESAYA 28 : 16 Sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: “Sesungguhnya, Aku meletakkan sebagai dasar di Sion sebuah batu, batu yang teruji, sebuah batu penjuru yang mahal, suatu dasar yang teguh: Siapa yang percaya, tidak akan gelisah!”

3.   RENUNGAN:

BATU PENJURU YANG TEGUH!

Dasar atau fondasi adalah salah satu bagian yang sangat menentukan dalam ketahanan sebuah bangunan yang didirikan di atasnya. Kalau fondasinya tidak kuat, akan mudah roboh diterpa oleh angin, badai dan gempa. Yesaya menubuatkan bahwa Tuhan sendiri akan meletakan fondasi yang teguh di Sion dengan menggunakan batu teruji dan berharga. Hal ini menunjukkan kasih setia Tuhan yang telah dibuktikan sepanjang masa. Batu penjuru ini sangat penting sehingga kemudian istilah batu penjuru ini dipakai untuk menggambarkan peranan Tuhan Yesus dalam sejarah keselamatan manusia. Jika umat Israel sungguh percaya, maka umatNya akan bebas dari “kegelisahan” dalam menghadapi serangan bangsa-bangsa lain.

Dalam kehidupan kita saat ini banyak hal yang dapat membuat kita “gelisah”. Krisis ekonomi, keadaan yang tidak tentram, intimidasi kelompok tertentu, dapat membuat seseorang jatuh ke dalam kegelisahan. Gelisah tentang hari esok, mengenai masa depan, gelisah dan khawatir tentang apa yang akan diminum dan akan dimakan. Keadaan yang dibelenggu kegelisahan dapat mengakibatkan hidup tidak ada semangat dan pada akhirnya bisa mengakibatkan penyakit jasmani dan rohani.

Apa yang harus kita miliki supaya tidak jatuh ke dalam kegelisahan? Dasar yang teguh, kuat, teruji dan berharga dan hal itu hanya kita temukan jika kita percaya dengan sungguh-sungguh kepada Yesus Kristus sebab Dia-lah batu yang teruji, batu penjuru yang mahal, suatu dasar yang teguh yang dinubuatkan Yesaya dalam nas ini. Percayalah kepada Yesus dan jadikanlah Dia menjadi dasar hidup maka kita tidak akan gelisah sebaliknya tetap semangat dan berpengharapan bahkan di situasi yang sulit sekalipun. Jadikanlah seluruh aktifitas hidup kita berdasar iman kepada Kristus. Amin. [MP]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 37a : 1  “BATU KARANG YANG TEGUH

Batu Karang yang teguh, Kau tempatku berteduh/ Kar’na dosaku berat dan kuasanya menyesak/ Oh, bersihkan diriku oleh darah lambungMu.

6.   DOA BAPA KAMI

Sumber: Renungan Harian Pelita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s