ALLAH TETAP BEKERJA UNTUK KITA

RENUNGAN, SABTU 2 JANUARI 2010

1. BERNYANYI BE 208 : 2  ”ALE DONGAN NA SAROHA”

Pangondian do AnakNa naung ro tu portibi on/ Paluahon sian dosa hita na marjea on/ Jesus Kristus i do goar ni pangondinganta i/ Ai Ibana do manggarar utang ni pardosa i.

2. PEMBACAAN ALKITAB

Pagi:  Matius 6 : 25 – 26

Malam:  Bilangan 6 : 22 – 27

3. AYAT HARIAN – YOHANES 5 : 17

Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga.”

ALLAH TETAP BEKERJA UNTUK KITA

Tujuan pertama yang Tuhan Yesus ingin lakukan adalah menyatakan siapa diri-Nya. Tuhan Yesus yang berinisiatif, Ia ingin supaya orang mengenal Mesias sejati. Tuhan Yesus ingin supaya orang berpikir kristosentris karena Dia adalah Allah yang berinkarnasi karena hanya di dalam Dialah kita mendapat pertolongan. Pengenalan yang benar menjadikan orang tidak mudah digoyahkan bahkan rela berkorban nyawa demi Kristus Yesus. Mujizat yang dilakukan oleh Tuhan Yesus semata-mata supaya orang mengenal siapa diri-Nya.

Ketika Yohanes Pembaptis dalam penjara, ia pun memerlukan suatu konfirmasi bahwa Yesus Kristus adalah Mesias yang kepada-Nya, ia berseru-seru di padang gurun dan menjadi pembuka jalan bagi-Nya. Tuhan Yesus pun memberikan konfirmasi bahwa Dia adalah Mesias dan tandanya adalah:  orang buta melihat, orang tuli mendengar, orang lumpuh berjalan, orang bisu disembuhkan, orang kusta ditahirkan, orang mati dibangkitkan dan orang miskin diberitakan kabar baik (Yes. 35:5,6; Mat. 11:5). Hanya Mesias yang dapat melakukan mujizat tersebut. Ironis, orang Yahudi tidak dapat melihat bahwa Kristus adalah Mesias Ilahi, Anak Domba Allah, Anak Tunggal Bapa.. Mereka hanya melihat hal-hal yang buruk dan melawan Tuhan Yesus.

Pada ayat 17, ada 3 hal penting yang harus kita perhatikan, yakni: 1) Yesus menyebut Allah sebagai Bapa-Ku. Perhatikan, Tuhan Yesus tidak menyebut sebagai Bapa kita atau Bapa kami.  Sebutan eklusif ini untuk menyatakan posisi dan relasinya yang unik sebagai Anak Tunggal Bapa, dan kita sebagai anak-anak-Nya diberikan anugerah dimana kita boleh memanggil Bapa; 2) setelah enam hari penciptaan, ada satu hari dimana Allah beristirahat. Dari sini muncul konsep yang salah dari orang Yahudi, Allah beristirahat berarti Allah tidak aktif. Salah! Kalau Allah inaktif maka dunia akan runtuh sebab Dialah yang menopang dunia ini. Allah terus bekerja sampai sekarang karena manusia sangat bergantung pada Allah dan membutuhkan Allah untuk terus berkarya, 3) Yesus mengklaim bahwa Dia bekerja melakukan pekerjaan Bapa. Allah bekerja dalam Dia dan Dia mengerjakan pekerjaan Bapa. Yesus dan Bapa adalah satu. Orang Yahudi sangat marah karena Tuhan Yesus menyebut Allah sebagai Bapa-Nya sendiri dan menyamakan diri-Nya sebagai Allah.

Sampai hari inipun, masih banyak orang yang sulit menerima bahwa Yesus adalah Allah. Tuhan Yesus yang telah berinisiatif menyatakan siapa diri-Nya, Dia meresikokan diri-Nya untuk dimusuhi. Tuhan Yesus ingin kita bersikap sama sebagaimana kita bersikap pada Bapa. Sejauh manakah kita mengenal Tuhan Yesus dengan benar sehingga kita tidak mudah digoyahkan oleh berbagai ajaran sesat? Alangkah bodohnya kalau orang yang meninggalkan iman Kristen dan berpindah pada kolam yang bocor.

Dalam Yesus Kristuslah satu-satunya jawaban dimana kita mendapatkan keselamatan kekal. Amin.

4. DOA SYAFAAT

5. BERNYANYI KJ 427 : 1  “KU SUKA MENUTURKAN”

Ku suka menuturkan cerita mulia, cerita Tuhan Yesus dan cinta kasihNya/ ‘Ku suka menuturkan cerita yang benar, penawar hati rindu, pelipur terbesar/ ‘Ku suka menuturkan, ‘ku suka memasyurkan cerita Tuhan Yesus dan cinta kasihNya.

6. DOA BAPA KAMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s