KEPEDULIAN KITA ADALAH WUJUD KASIH KRISTUS

RENUNGAN, KAMIS 12 NOPEMBER 2009

Galatia 6 : 2 “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus”.

Ayat ini sering sekali dipakai oleh pribadi maupun organisasi untuk mengingatkan orang lain akan tugas dan tanggungjawab sebagai orang Kristen. Ayat ini sebenarnya didasarkan oleh kasih Kristus. Kasih Kristus, itulah bingkai dari perbuatan kasih kepada sesama, yang menyentuh kehidupan sesama. Ternyata tuntutan ini menjadi penting, ketika banyak orang tidak mengindahkan tindakan nyata yang harus dilakukan dalam kehidupan ini. Beriman hanya di dalam konsep, tersimpan di dalam hati, tidaklah baik. Segala sesuatu yang kita percaya harus mewujud di dalam perbuatan dan tindakan kepada sekitar.

Gereja seharusnya menjadi wadah kasih persaudaraan diwujudkan. Ada teguran atas kesalahan, ada pertobatan dari kesalahan yang dilakukan, ada pengampunan untuk orang yang bertobat, dan ada hormat kepada orang yang menegur. Semua itu harus dilandaskan atas kasih Tuhan. Jangan menunggu orang lain.

Kata “bertolong-tolonganlah” menghunjuk kepada tindakan bersama-sama. Ada kalanya, seseorang itu “kuat’” atau di waktu lain dia “lemah”. Maka kata ini mengajak kita untuk peduli kepada sesama. Mau menolong, berpihak, solider adalah bagian dari panggilan iman percaya kita.

Paulus melihat ini bukan sebagai pilihan tetapi sebagai kesempatan. Maka baiklah kita merenungkan bersama panggilan kita, dan camkanlah ini, orang yang suka menolong banyak sahabatnya, dan para pengampun berlimpah saudaranya. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s