SUKACITA DI DALAM TUHAN

RENUNGAN, KAMIS 15 OKTOBER 2009

Filipi 4:4-5 “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!”

Pertanyaan yang segera muncul dari nas ini bagi banyak orang adalah “apakah mungkin bersukacita senantiasa? Emang bisa? Masak, ketika kita berduka, menangis sekaligus tertawa? Imposible”. Meskipun banyak anggapan mengatakan bahwa anjuran ini tidak realistis dan mustahil untuk dilakukan, tetapi perintah ini dianjurkan oleh orang dalam posisi menderita, Paulus kepada jemaat yang juga terancam aniaya, Filipi! Yang mustahil menjadi mungkin, sebab sukacita yang dimaksud tidak bergantung kepada situasi atau peristiwa-peristiwa tertentu, melainkan sukacita yang keluar dari hati dan jiwa yang dipenuhi oleh damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal, dan yang memelihara hati dan pikiran kita dalam Kristus Yesus (ayat 7; bdk. Yoh. 14:27).

Maka sukacita yang dimaksud bukanlah sukacita kedagingan. Banyak orang mencari sukacita yang hampa, sia-sia yang memang akhirnya bukan justu bersukacita tetapi semakin menderita. Memang ada sesuatu yang harus dilakukan untuk mendapatkan sukacita ini. Tetapi bukan dengan kedagingan, misalnya dengan mengasingkan diri (bertapa, askese), mencari harta sebanyak-banyaknya, memperhamba diri kepada uang atau bentuk-bentuk hedonisme lainnya. Rahasia sukacita itu didapatkan hanyalah dari Allah. Mengusahakan diri untuk selalu dekat kepada Tuhan dan mencondongkan diri untuk Tuhan. Memposisikan diri dan menjawab tantangan kehidupan dalam keyakinan penuh akan pemeliharaan Tuhan. Menjadikan Tuhan sebagai sumber dan kekuatan serta menjadikannya menjadi sentral. Hidup damai sejahtera yaitu hidup yang memiliki Tuhan. Bersukacitalah senantiasa di dalam Tuhan. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s