HIDUP BIJAK ATAU HIDUP MALANG?

RENUNGAN, RABU 14 OKTOBER 2009

Amsal 13 : 20 “Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang”.

Membentuk watak tak bisa secara instan. Membangun karakter tak mungkin dilakukan dalam sekejap mata. Sebab karakter itu merupakan kumpulan dari habitus, semacam insting perilaku yang sudah mendarah daging dan karenanya kenyal tak gampang patah. Terbentuknya karakter yang baik ditentukan kecenderungan, perhatian (atensi) seseorang.

Oleh karena itu, semakin kita membiasakan diri bergaul dengan orang yang bijak maka kecenderungannya adalah menjadi bijak, tetapi siapa yang membiasakan diri berteman dengan orang yang bebal maka hidupnya akan menjadi malang.

Hidup bijak atau bebal adalah pilihan sama seperti memilih hidup atau mati. Hidup adalah persoalan mutu (kualitas) bukan kuantitas. Hidup lebih daripada sekedar ada. Pemilihan ini menentukan kualitas kehidupan kita. Hidup bijak digambarkan sebagai sumber (lih. ay.14), yang mendatangkan balasan (lih.ay. 13), karunia (ay.15), kesembuhan (ay.17), kehormatan (ay,18), kebaikan (ay.21), warisan bagi anak (ay.22), dan perut kenyang (ay.25). Itu menunjukkan kualitas hidup sebagai orang bijak. Sedangkan orang bebal akan menerima kebalikannya, kecelakaan, kehancuran, kemiskinan, malu, dan perut kosong. Singkat kata, hidup yang malang.

Apa pesan dasariah dari nas ini? Mencari hidup yang bermutu dan mendapat hikmat adalah berjalan bersama orang bijak. Maka sekarang pilihlah, hidup bijak atau hidup bebal. Yosua dan keluarganya memilih tetap beribadah kepada Tuhan, itu pilihan yang bijak. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s