DENGARKANLAH NASIHAT DAN TERIMALAH DIDIKAN

RENUNGAN, JUMAT 16 OKTOBER 2009

Amsal 19:20-21 “Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan. Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana”.

Nas hari ini menyapa kita untuk tidak meremehkan nasihat dan didikan. Itu sebabnya ayat ini dimulai dengan kata “dengarkanlah”. Kata itu mengajak kita untuk lebih memberi perhatian kepada nasihat dan didikan. Nasihat dan didikan itu yang akan mengarahkan kita untuk memilih hidup menjadi bijak dan tentu memperoleh sukacita di masa depan.

Kecenderungan yang selalu menganggap diri paling benar, orang lain tidak, akan menghambat seseorang untuk mau mendengarkan nasihat dan didikan orang lain. Akibatnya jelas, dapat saja seseorang kehilangan kesempatan karena menganggap remeh terhadap nasihat dan didikan.

Dalam kitab Amsal, nasihat kerap sekali disamakan dengan hikmat. Maka orang yang mendengarkan nasihat, itu berarti hidup yang mengarahkan diri kepada hikmat. Bukankah itu tujuan hidup kita? Nasihat dan didikan itu akan menentukan kualitas hidup (menjadi bijak). Barangkali kisah yang paling terkenal terdapat dalam 2 Samuel 16, di mana dua penasihat dalam kerajaan Daud, Husai dan Ahitofel, saling beradu. Ahitofel memberikan nasihat yang lebih bagus, tetapi Absalom lebih mengikuti kata-kata tipuan Husai sehingga ia kehilangan kesempatan untuk memenangkan pemberontakan melawan ayahnya, Daud.

Dan satu hal yang sangat penting dalam ay. 21, bahwa Allah tidak bertindak sesuai dengan keputusan manusia, tetapi membangun tata aturan yang harus ditaati manusia. Orang yang berhikmat, yang hidup dalam nasihat dan didikan akan mencondongkan diri kepada Tuhan, sehingga keputusan Tuhan adalah bagian hidup umat percaya. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s