KASIH ADALAH KEHENDAK ALLAH DALAM TINDAKAN

Renungan, Rabu 26 Agustus 2009

1 Yohanes 4:20, “Jikalau seorang berkata: “Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya”.

Dalam ayat 20, Yohanes mengandaikan bahwa jika kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan, maka kasih yang sempurna melenyapkan kebencian juga. Bagi orang Kristen mengasihi saudaranya bukannya satu pilihan, melainkan satu kesempatan. Jadi tindakan mengasihi adalah satu kesempatan untuk merespon kasih yang telah terlebih dahulu berikan kepada manusia melalui Yesus Kristus. Kedua hal ini, mengasihi Allah dan mengasihi sesama adalah hukum yang berjalan bersamaan, bukan yang satu dilakukan, lalu yang satu ditinggalkan.

Jika anda memendam dendam, dengan memperlakukan saudara Kristen anda secara berlainan, maka anda adalah pendusta. Dusta kepada Tuhan sendiri, dan segala sesuatu yang dilakukannya adalah kemunafikan.

Maka perlu sekali orang Kristen meninggalkan dan menjauhkan diri dari kemunafikan (hypocrite). Kata Yunani munafik mengandung makna adanya seseorang yang memainkan peran dengan menggunakan topeng. Pergi ke Gereja, menyanyikan lagu-lagu pujian tentang kasih dan rahmat, secara terus menerus mengulangi Doa Bapa Kami, lalu kemudian meninggalkannya dan justru melupakannya. Itu semua dilakukan dengan topeng (kemunafikan).

Yang perlu kita latih adalah bagaimana setiap orang Kristen mewujudnyatakan kasih kepada Allah dengan juga mengasihi sesama / saudara-saudara bahkan musuh, bukan justru membuat perbedaan karena apapun. Karena kasih itu bersifat universal. Mari, lakukan kasih kepada sesama, jangan berdusta. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s