HATI DAN ROH YANG BARU

Renungan, Selasa 16 Juni 2009

Yehezkiel 36 : 25 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu”.

Nama “Yehezkiel” berasal dari bahasa Ibrani yaitu: “hazak” yang berarti “kekuatan”. Sehingga nama “Yehezkiel” mengartikan “Allah adalah kekuatanku”. Arti nama Yehezkiel itu kelihatan dari ketajaman berpikir dan daya nubuatannya yang begitu dalam tentang sesuatu yang akan terjadi kepada bangsa Israel.

Ada dua bentuk nubuatan nabi Yehezkiel yaitu:

Bentuk pertama dari berita nubuatan Yehezkiel kepada bangsa Yehuda adalah menyerukan pertobatan dalam penderitaan multi krisis, pada awal terbuangnya bangsa tersebut. Panggilan pertobatan itu disampaikan dengan memberitahu hukuman berat yang akan dirasakan oleh bangsa itu.

Pertama, nabi Yehezkiel memberitahu bahwa mereka akan menerima hukuman karena tidak setia mulai dari perbudakan Mesir, walaupun Allah setia mengasihi bangsa itu sampai kepada masa nabi Yehezkiel. Akibatnya begitu berat, bahwa Allah tidak menyukai lagi bangsa itu ketika mereka meminta petunjuk kepada Allah (Yeh.20:1-26, lihat terutama ayat 2-4).

Kedua, karena ‘ketidaksetiaan’ bangsa Israel dan ‘murka’ Allah, hukuman yang akan mereka terima akan bersifat ‘menyeluruh’. Hukuman akan diberikan tidak sebagian tetapi total! Orang ‘benar’ dan orang ‘fasik’ akan menerima hukuman (Yeh.21:3-4). Dosa-dosa bangsa itu adalah dosa kekerasan (hutang darah, 22:2), kekejian, dan kenajisan (Yeh.22:1-12). Akibat dari dosa itu, maka hukuman berat yang akan mereka terima digambarkan dalam Yeh.22:18-21.

Ketiga, karena begitu Allah marah hingga dikatakan bahwa Allah tidak akan menyesal untuk menghukum mereka (24:14).

Bentuk kedua dari pemberitaan nabi Yehezkiel bahwa kasih sayang Allah lebih besar daripada pelanggaran bangsa itu. Allah akan melepaskan mereka, bukan karena mereka mampu melakukan perintah/hukum, tetapi didasarkan pada perjanjian yang baru (11:17-20).

Yehezkiel ditugasi untuk menyampaikannya kepada umat Allah, agar mereka bertobat dan mempercayai bahwa Allah tidak melupakan, apalagi meninggalkan mereka di pembuangan. Titik tumpu iman nabi Yehezkiel adalah keyakinan bahwa Allah yang Kudus (kadosy) juga berkuasa atas aneka bangsa di wilayahnya masing-masing. Allah bersifat universal. Allah Israel adalah Pencipta dan satu-satunya Allah (Ul.6:4; Yahweh ehad). Yehezkiel bekerja tanpa lelah untuk menguatkan dan meneguhkan pengharapan umat yang sedang mengalami penderitaan yang memalukan dan putus asa tanpa harapan masa depan.

Kekudusan Allah menunjuk pada identitas, sifat dan hakekat Allah. Itu juga mengartikan bahwa Allah Israel tidak sama dengan allah bangsa-bangsa.

Kata pentahiran (dalam ay.25) atau penyucian menggambarkan pengampunan dosa. Dosa penyembahan berhala dikalahkan oleh kekuatan air pentahiran, yaitu Roh Allah. Dosa mereka masa lalu diampuni melalui kuat kuasa kehadiran Roh Allah, yang bagai air dicurahkan atas kepala. Roh Allah akan memenuhi dan memperbaharui manusia lama (buangan) menjadi manusia baru yang dipenuhi Roh Allah di negeri sendiri (bandingkan makna dan fungsi baptisan orang beriman pada Yesus Kristus, atau percakapan Yesus dengan Nikodemus tentang dilahirkan kembali).

Keselamatan yang diberikan kepada bangsa Israel menyeluruh sifatnya: bukan hanya secara fisik dengan pemulihan ekonomi, sosial, politis, budaya, tetapi juga pemulihan hati atau religi (ay. 25-27). Tanpa pemulihan dari dalam, pemulihan dari luar akan segera sirna kembali. Ini berarti ketaatan dan kemampuan menuruti kehendak Allah pun merupakan suatu anugerah. Bangsa Israel harus merasa malu akan dosa mereka dan bersyukur pada Tuhan yang tidak pernah melalaikan perjanjian-Nya.

Kehidupan orang percaya berasal dari anugerah dan ditopang sepenuhnya oleh anugerah. Ketika kita mulai merasa mampu mengasihi Dia dengan kekuatan kita sendiri, ingatlah Firman Tuhan, “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!” (Roma 11:36).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s