JANGAN TAKUT MEMBERITAKAN FIRMAN TUHAN

RENUNGAN, KAMIS 4 PEBRUARI 2010

1.   BERNYANYI BE 461 : 3  ”SONGGOP TU HAMI”

Lehon hataM, i ma tau podangki, Debatangki na gogo i/ Asa sai talu sude musuMi, Debatangki na gogo i/ Mangkatindangkon tongtong goarMi, asa malua pardosa disi/ Asa dijangkon Tuhanta ma i, Debatangki na gogo i.

2.   AYAT HARIAN – 2 TIMOTIUS 1 : 7 – 8a

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia.

3.   RENUNGAN:

JANGAN TAKUT MEMBERITAKAN FIRMAN TUHAN

Tuhan menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran, karena itu Ia memanggil dan mengutus umatNya untuk memberitakan Injil. Timotius yang masih muda, telah dipakai oleh Tuhan untuk memberitakan Injil. Ada banyak rintangan, hambatan dan kesulitan yang akan dihadapinya, namun Injil harus diberitakan. Melihat realita itu, Paulus menasehati Timotius untuk tidak takut dan malu memberitakan Injil, karena Allah telah memberikan roh kekuatan, kasih dan ketertiban bukan roh ketakutan. Paulus juga mengingatkan bahwa Allah menyelamatkan dan memanggil kita dengan panggilan kudus. Keselamatan dan panggilan itu adalah anugerah Allah bukan atas perbuatan kita.

Saudaraku, kita termasuk bagian dari orang yang diselamatkan dan dipanggil dalam panggilan kudus itu. Sifat tidak malu, tidak takut memberitakan Injil dan rendah hati adalah merupakan pertanda bahwa anugerah yang kita miliki itu berharga bagi kita. Mungkin  selama ini kita masih sering ragu, malu bahkan takut untuk memberitakan Injil, tetapi hari ini kita diingatkan supaya kita memiliki keberanian, karena Allah sumber kekuatan, bagi orang percaya dalam menghadapi segala rintangan. Roh Tuhanlah yang membangkitkan kekuatan dalam diri orang percaya untuk menghadapi tiap tantangan. Roh Tuhan sanggup membangkitkan kasih di dalam diri orang percaya secara pribadi, dan di antara sesama orang percaya, dan dalam kesaksian mereka dengan orang lain. Hanya Roh Tuhan yang sanggup menjadi sumber ketertiban hidup atau disiplin diri. Kita bisa meragukan kemampuan kita sendiri tetapi kita tidak boleh meragukan kemampuan Tuhan. Ingatlah bahwa Tuhan bisa menggunakan siapa saja untuk melakukan kehendak-Nya, termasuk diri kita sendiri dan jika kita ingin dipakai untuk kemuliaan Tuhan, kita harus mengijinkan Tuhan untuk memakai kita untuk membagikan kabar baik. Amin. [MP]

4.   DOA SYAFAAT

5.   BERNYANYI KJ 426 : 1  “KITA HARUS MEMBAWA BERITA”

Kita harus membawa berita, pada dunia dalam gelap/ Tentang kebenaran dan kasih, dan damai yang menetap, dan damai yang menetap/ Kar’na g’lap jadi remang pagi,dan remang jadi siang t’rang/ Kuasa Kristus kan nyatalah, rahmani dan cemerlang.

6.   DOA BAPA KAMI

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s