JADILAH TELADAN

Renungan, Senin 12 Oktober 2009

1 Timotius 4 : 12 “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu”.

Nas ini adalah nasehat yang menguatkan (strengthen) Timotius dari bapa rohaninya rasul Paulus. Nasehat itu bukan untuk mengendorkan semangatnya dalam pelayanan tetapi agar Timotius setia dan menjadi teladan. Ternyata, melayani dalam usia muda memiliki tantangan tersendiri. Pelayan yang harus tunduk kepada kehendak Tuhan, sementara di sisi lain harus menghadapi gejolak darah kemudaannya.

Dari hal itu dapat muncul berbagai tanggapan dan kritik atas sikap dan perilaku orang yang menghidupi darah kemudaannya. Rasul Paulus mengingatkan Timotius, jangan sampai seorang pun menganggapnya rendah hanya karena kemudaannya.

Untuk itu, ketekunan menjadi kata kunci yang harus Timotius cermati dan perhatikan. Ia tidak boleh membiarkan umurnya menjadi perintang bagi dirinya atau batu sandungan bagi orang lain. Karena itu, ia perlu menjadi teladan dalam perkataan, tingkah laku, kasih, dan kesuciannya. Ketekunan adalah bagian penting dalam upaya mendisplinkan diri, menyangkal diri dan mengikut Tuhan. Bila itu tidak diusahakan dan diupayakan, maka dapat berakibat tidak baik kepada pelayanan. Cermatilah sikap dan perilaku, baik dalam perkataan, tingkah laku, kasih dan kesucian.

Sebagai pelayan Tuhan, Timotius harus sungguh-sungguh memperhatikan hidupnya, mengusahakan hal-hal yang sempurna bagi Allah dalam ketekunan. Semua ini bertujuan tidak hanya agar orang tidak menganggap rendah diri Timotius karena umurnya, tetapi terutama demi terlaksananya panggilan Allah bagi Timotius.

Melayani Tuhan bukan hanya berarti menyisihkan sebagian waktu yang dikhususkan untuk Tuhan, tetapi, seperti yang pernah diajarkan rasul Paulus, mempersembahkan seluruh tubuh atau hidup kita (Rm. 12:1). Ketekunan kita sangat diperlukan di dalam mewujudkan semua hal tadi kehidupan kita sebagai pelayan-pelayan-Nya. Amin.

“Attitude is a little thing, but can make big differences”

Sikap adalah suatu hal kecil,

tetapi dapat menciptakan perbedaan yang besar

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s