HANYA DI DALAM YESUS KITA BERSATU

RENUNGAN, Selasa 8 September 2009

Yohanes 10 : 16 “Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala”.

Tugas gembala sangatlah jelas. Namun segera akan terjadi perbedaan dipandang dari sisi mana dia bekerja. Gembala yang baik rela berkorban bagi kawanan domba-Nya tanpa pamrih, tanpa upah. Berbeda dengan gembala upahan yang melakukan tugas bukan karena tanggung jawab tetapi karena upah yang diterima. Ia tidak segan-segan lari meninggalkan kawanan domba yang dipercayakan kepadanya, bila kesulitan muncul tiba-tiba. Para gembala yang dimaksud Yesus mungkin sekali adalah para ahli Taurat dan orang Farisi yang menentang Dia, yang tidak memimpin umat kepada hidup. Mereka bukan menjamin keselamatan para domba tetapi justru mencelakakan.

Melalui nas hari ini, ada beberapa hal yang dapat kita cermati dari perkataan Yesus, yaitu:

1. Hanya di dalam Yesus dunia ini bisa menjadi satu. Satu-satunya kesatuan yang mungkin bagi manusia ialah dalam keanakan bersama dengan Tuhan. Di dalam dunia ada perpisahan antara bangsa dengan bangsa, di dalam bangsa ada perpisahan antara kelas dan kelas. Tidak pernah akan ada satu kelas. Satu-satunya hal yang dapat menembus rintangan-rintangan itu, menghapus perbedaan-perbedaan itu, adalah Injil Yesus Kristus, yang memberitakan ke-Bapaan Allah secara universal kepada manusia.

2. Bukan sekandang tapi sekawan. Hal-hal yang Tuhan Yesus utarakan sebenarnya sangat sederhana dan sangat menentukan nasib manusia. Namun kesederhanaan pesan ini ternyata juga tak dipahami pendengarNya. Ketika Yesus mengatakan bahwa Ia pun menerima domba lain yang ingin dituntun-Nya dan bergabung bersama domba milik-Nya, terjadi pertentangan dan penolakan. Pernyataan Yesus: “Akulah Gembala yang baik”, sebenarnya menegaskan bahwa banyak para pemimpin agama zaman itu, dan kini banyak gembala seperti Dia. Serahkanlah diri pada tuntunan kasih Yesus Kristus, Gembala yang baik, yang di dalam-Nya kita mendapatkan kebutuhan hidup masa kini dan kelak. Amin.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s