TERBERKATILAH PEMBAWA DAMAI

RENUNGAN, Senin 7 September 2009

Matius 5:9, “Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah”

Ucapan Bahagia ini harus kita renungkan secara mendalam agar menjadi landasan, penentu arah, dan warna kehidupan kita. Ucapan Bahagia ini bukanlah alternatif etika namun keharusan, karena yang keluar dari mulut Yesus adalah wahyu khusus Allah.

Kata berbahagia maupun kebahagiaan dapat diartikan dengan berbagai cara, dan cenderung mengarah kepada perasaan senang tanpa derita. Namun dalam bahasa Yunaninya adalah “makarios”, di mana kata ini harus dipandang sebagai kata religius, kata yang dalam arti “terberkati” karena dilimpahi berkat dan karunia Allah.

Kristen harus bertekad mempunyai hati yang suci, artinya mempunyai kemurnian moral secara lahir maupun batin dengan ukuran kebenaran Allah (ay. 8). Kemurnian ini bukan sesuatu yang kita miliki dari lahir namun harus dimulai dari kehendak kita untuk murni, sehingga kita berusaha dan berjuang untuk hidup murni. Di mana pun Kristen berada, ia harus menjadi juru damai seperti Yesus (ay. 9), dalam segala bidang kehidupan baik itu dalam rumah tangga, gereja, masyarakat, kantor, bahkan jika ada kesempatan menjadi juru damai dalam perselisihan antar partai politik atau elite politik yang saling berebut kursi kekuasaan.

Dalam teks Yunani kata damai yaitu eirenopioi, artinya yang membawa damai atau mengupayakan damai. Damai yang dimaksud di sini ialah damai yang terwujud di antara manusia. Damai ini ada di antara mereka yang saling bersahabat dan mengupayakan persahabatan antar manusia.

Konsekuensi kepada mereka yang mengupayakan damai akan disebut sebagai anak-anak Allah. Hal itu menunjukkan suatu relasi. Allah akan menjaga, melindungi dan mengasihi orang yang mengupayakan kedamaian seperti tindakan seorang Ayah kepada anaknya.

Sudahkah saudara sebagai orang yang mengupayakan damai? Lakukanlah sekarang karena saudara akan “terberkati” dan diangkat menjadi anak. Amin.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s