KEMERDEKAAN YANG SEJATI

Firman Hari ini, Selasa 18 Agustus 2009

Yohanes 8:32 “dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu”.

Merdeka, merdeka, merdeka! Demikianlah seruan anak bangsa bila bertemu dengan tanggal 17 Agustus. Dan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-64 kemarin, pekikan itu kembali terdengar di mana-mana. Semua seakan gembira dan terbukti dengan dirayakannya HUT Kemerdekaan ini dengan meriah atau sederhana di RT-RT setempat. Jalan-jalan ditutup di mana-mana, semuanya hendak menunjukkan kegembiraannya. Itu semua sah-sah saja, namun ada beberapa hal yang perlu kita cermati melalui Firman hari ini.

1.  Kemerdekaan itu bukanlah kemerdekaan kosong, hanya sebatas perayaan saja. Dalam nas ini, Tuhan Yesus memberi pengajaran yang ditujukan kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepadaNya. Orang Yahudi yang sudah terbiasa dengan aturan-aturan yang ketat untuk menunaikan agama mereka. Ditekankan bahwa kemerdekaan yang di maksud menyangkut kemerdekaan jiwa, kebebasan dari belenggu dosa yang mengikat. Dan, hanya mereka yang sudah merdeka dan beriman kepada Anak Allah, Tuhan Yesus Kristus, yang sungguh-sungguh memperoleh kemerdekaan sejati.

2. Walaupun secara fisik orang Kristen mengalami penindasan, hambatan, dan lain sebagainya, tidak berarti bahwa secara jiwa pun mereka tertindas; namun secara praktis Kristen memiliki kemerdekaan jiwa yang sejati untuk beribadah dan berhubungan dengan Tuhan secara pribadi. Kemerdekaan Kristen diperoleh hanya bila seseorang tetap hidup sesuai firman Tuhan dan melakukan kebenaran Allah, walau di tengah penindasan, tekanan dan ancaman.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s